Rabu, 22 Maret 2017

Published Maret 22, 2017 by

5 Pisau Dapur Yang Paling Sering Digunakan


Pisau dapur adalah pisau yang dibuat untuk digunakan dalam persiapan dan pembuatan makanan. Walaupun umumnya kegiatan memasak dapat dibantu dengan pisau serba guna apapun, ada berbagai jenis pisau dapur yang dirancang untuk melakukan hal yang spesifik dengan lebih baik.

1. Chef's Knife
Sedikit lebih besar dari Utlity Knife, Chef's Knife atau Pisau Koki ini adalah salah satu pisau dapur multiguna yang sangat sering digunakan untuk potong memotong. Namun tidak seperti namanya, saking popularnya, pisau ini tidak hanya digunakan oleh koki namun juga oleh banyak sekali orang. Di kehidupan sehari-hari pisau ini dapat digunakan untuk banyak sekali hal dimulai dari memotong, mengiris, membentuk potongan menyerupai kubus, hingga memotong bahan makanan sampai bentuk-bentuk yang kecil.


2. Utility Knife
Pisau dapur satu ini memang terlihat mirip dengan Chef's Knife, namun jika dilihat secara seksama akan terlihat jelas perbedaannya. Pisau ini memiliki bentuk yang lebih besar dari Paring Knife yakni pisau untuk memotong buah dan sejenisnya, namun ukuran Utility Knife ini lebih kecil daripada Chef's Knife.

Di dunia masak memasak, Utility Knife merupakan pisau dapur yang paling sering digunakan oleh para koki. Pisau ini merupakan pisau standar yang biasa digunakan untuk segala potongan ringan serba guna dari memotong sandwich sampai mengiris daging.


3. Bread Knife
















Sesuai dengan namanya, Bread Knife ini sangat efektif untuk memngiris roti namun tidak sampai menghancurkan roti tersebut. Memiliki ukuran pisau yang lebih panjang dan bergerigi dibandingkan pisau-pisau lainnya. Bread Knife sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis pegangan, yang pertama adalah Bread Knife dengan pegangan klasik sedangkan satunya adalah pegangan offset. Bread Knife dengan pegangan offset membuat koki dapat mengiris roti menjadi lebih mudah tanpa khawatir jari akan akan terkena alas potong. Singkatnya pegangan offset adalah pegangan yang lebih tinggi.


4. Paring Knife

Sekilas mungkin terlihat seperti biasa namun Paring Knife sangatlah mudah dibedakan dalam bentuk nyatanya. Memiliki bentuk yang lebih sederhana dengan tepi pisau yang jauh lebih kecil. Bahkan panjangnya saja hanya berkisaran 5-10 cm, pisau ini sangat membantu tugas koki dalam hal mengupas buah, memotong sayuran, memisahkan kulit udang, sampai membuat hiasan halus pada makanan.

5. Mincing Knife














Mincing Knife, begitulah pisau dapur ini dinamakan. Melihat bentuk pisau yang aneh ini mengingatkan kita akan bentuk pisau yang digunakan pada alat pancung jaman dahulu. Namun jangan takut, karena pisau satu ini tidak digunakan untuk memancung kepala orang melainkan lebih untuk mencincang sampai halus.
Pisau melengkung ini digunakan oleh para koki untuk memotong-motong bahan makanan yang biasanya sayuran. Cara menggunakannya dengan memegang gagang pisau dengan kedua tangan, dan menggerakannya ke kiri dan kanan sampai sayuran yang ingin dipotong menjadi halus.
      edit