Rabu, 29 Maret 2017

Published Maret 29, 2017 by

Panci Presto Serba Guna

Jika Anda suka makan makanan yang sehat dan bergizi, mulai dari sekarang pertimbangkan untuk mulai memasak makanan dengan menggunakan panci ajaib ini. Kenapa, sebab memasak makanan dengan panci presto (pressure cooker) banyak sekali manfaatnya. Panci istimewa ini merupakan alat masak yang mampu menghasilkan makanan yang sehat karena kandungan nutrisi makanan maupun rasanya tetap terjaga.


berikut adalah manfaat jika kita memasak dengan panci presto : 

  1. Makanan yang dihasilkan lebih sehat. Panci preto mampu membunuh mikro organism yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti bakteri dan virus. Suhu panas yang ada dalam panci bahkan mampu melunakkan duri ikan dan tulang ayam.
  2. Kandungan gizi maupun rasa tetap terjaga. Panci presto memungkinkan kita memasak makanan dalam waktu yang lebih singkat, dengan sedikit pemakaian air. Banyak penelitian menunjukkan bahwa semakin lama kita memasak dan semakin encer makanan maka semakin banyak pula nilai gizi dan nutrisi yang hilang. Sangat disayangkan jika kita membeli sayuran, ikan atau daging yang bagus namun nilai gizi dan nutrisinya akan hilang begitu saja karena pengolahan yang tidak tepat. Panci presto akan mempertahankan kandungan gizi dan nutrisi maupun rasa makanan yang dimasak.
  3. Lebih efisien. Panci presto mampu memasak makanan 70 % lebih cepat dari pada memasak makanan dengan cara konvensional. Dengan demikian energi yang dipakai juga lebih efisien, dan lebih hemat. Panci yang banyak dipakai untuk mempresto ikan atau ayam ini tidak menimbulkan limbah minyak, bau maupun cipratan lain seperti jika memakai wajan penggorengan.
  4. Lebih aman. Boleh dikatakan panci presto modern 100 % aman. Desain panci saat ini banyak memakai sampai enam katup dan ventilasi system keselamatan untuk mencegah kecelakaan. Mekanisme gasket dan pelepasan tekanan memungkinkan tekanan berlebih disalurkan. Sebuah panci presto stainless steel yang bagus adalah aman dan hanya membutuhkan sedikit perawatan.
  5. Serbaguna. Alat ini bisa difungsikan sebagai oven sampai steamer, sebagai panci ataupun loyang, panci presto ini sangatlah serbaguna. Karena sifatnya yang serbaguna maka kita bisa menghemat ruang di dapur. Selain serbaguna juga multifungsi. Bayangkan kita bisa menggunakannya untuk mempersiapkan tiga hidangan : makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup.
  6. Dapur lebih dingin. Kita yang tinggal di negara tropis bisa membayangkan betapa panasnya suhu udara saat memasak di dapur, apalagi jika berlangsung lama. Kalau memasak dengan kompor dan panci biasa, hawa panas akan naik melalui panci lalu membumbung keatas. Sebagian dibuang keluar melalui exhaust fan, tapi sebagian yang lain tetap dalam ruangan dan mengakibatkan hawa panas di dapur. Berbeda halnya dengan panci presto, panci hebat ini akan mempertahankan panas tetap didalam dan tidak bocor, sehingga boleh dikatakan tidak akan membuat dapur jadi panas.
  7. Membersihkan dapur jadi lebih simpel. Memasak dengan alat masak biasa cenderung meninggalkan residu, uap dan minyak dimana-mana : di atas kompor, di alat masak itu sendiri, lantai dan dinding, meja dan lain-lain yang semuanya perlu dibersihkan setelah kegiatan masak-memasak selesai. Yah, cukup repot juga.

      edit