Selasa, 21 Maret 2017

Published Maret 21, 2017 by

Manfaat , Asal Usul , dan Varian Tissue


Tissue adalah kertas lembut, mudah menyerap, dan mudah dibuang, yang utamanya digunakan untuk wajah. 
Tissue biasanya dijual dalam bungkus berbentuk kotak atau gulungan. 
Tissue merupakan sebuah benda yang tidak bisa di pisahkan dari aktifitas kita sehari-hari, benar? 
Tissue di gunakan di meja makan, di dapur , di meja rias, bahkan di kamar mandi. 
Sebagian besar aktifitas kita saat menggunakan tissue berkaitan dengan kebersihan atau higienitas.
Kebanyakan orang juga memakai tissue untuk bersentuhan langsung dengan makanan, wajah, dan bagian tubuh yang lain.


Asal Usul Tissue

Tissue mulai dibuat sekitar tahun 1880-an dari bahan baku kulit kayu yang dijadikan pulp (bubur kertas). Setelah itu pulp tersebut mengalami penggilingan kemudian masuk ke yankee dryer dan apabila telah kering tissuenya digulung.



Manfaat Tissue yang jarang diketahui orang

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau tissue gulung memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya membersihkan kotoran, tapi juga memiliki kegunaan lain yang mungkin kita tidak tahu. 

1. Menutupi makanan saat dipanaskan di Microwave 
Saat kita akan memanasi makanan dengan menggunakan microwave, kadang kita memilih menutupi makanan dengan menggunakan kertas alumunium atau bahkan plastik. Ternyata akan lebih baik jika menggunakan tissue kertas yang berukuran besar untuk menutupi makanan. Hal ini untuk menjaga agar makanan tidak tumpah di dalam microwave. Dan lagi Anda bisa menggunakannya beberapa kali, sebelum akhirnya membuang tissu kertas ini. 

2. Menjadi alas laci dan lemari dapur 
Gunakan tissue kertas sebagai alas dari lemari, laci dapur Anda. Dan bahkan Anda juga bisa menggunakannya sebagai alas wadah buah di dalam lemari es. Hal ini akan membantu buah-buahan tetap segar karena tissue membantu menyerap kelembaban. Selain itu menempatkan tissue sebagai alas laci dan lemari akan membuatnya mudah dibersihkan dan menghindari masuknya bakteri ke dalam kayu. 

3. Membersihkan lemak 
Mungkin Anda sudah membersihkan perabot yang berlemak dengan cairan pembersih penghilang lemak. Namun ternayata Anda masih melihat adanya lemak yang tertinggal di perabot itu. Gunakan tissue kertas untuk menghilangkannya. Anda bahkan bisa menggunakan tissue kertas ini menjadi penutup makanan yang berminyak, karena mereka bisa menyerap lemak dari makanan tersebut. 

4. amat berguna bagi pria
biasanya pria akan sangat membutuhkan tissue sebagai alat pembersih pada saat2 tertentu (terutama bagi para pria yang belum mempunyai pasangan. Selain itu, tissue juga sering digunakan oleh para anak kost2an yang sedang berhemat, biasanya mereka menyisipkan kertas tissue pada makanan dengan harapan supaya nantinya tidak akan cepat lapar karena tissue kaya akan serat emoticon-Hammer (S)


Macam-Macam Tissue

Tissue yang beredar di pasaran sebenarnya masing-masing di buat berdasar kegunaannya. Ada beberapa macam tissue yang sering kita jumpai di pasaran, yaitu :

1. Tissue Wajah, biasanya tissue ini bertekstur lembut dan halus, karena fungsinya bersentuhan langsung dengan bagian tubuh yang halus ( wajah). Berguna untuk membersihkan wajah, mulut dan bagian tubuh lain nya dari kotoran dan keringat.

facial tissue tisu wajah pembersih muka
2. Tissue Toilet, teksturnya mudah hancur apabila terkena cairan, dan tidak cocok untuk membersihkan wajah. Fungsinya sebagai kertas pembersih pengganti air setelah membuang air besar ataupun air kecil dari toilet.

3. Tissue Napkin, teksturnya mudah menyerap minyak dan air, gunanya untuk membersihkan mulut dan tangan setelah makan.




Tissue yang baik adalah tissue yang terbuat dari 100% serat alami dan bukan dari kertas daur ulang. Serat alami akan menghasilkan tissue bertekstur lembut yang aman untuk di gunakan sehari-hari. 
Setiap membeli tissue pastikan di kemasan tissue terdapat keterangan bahwa tissue di buat tanpa di tambahkan dengan OBA.
OBA atau optical brightening agent adalah suatu zat pemutih yang di gunakan untuk memutihkan kertas atau tissue. OBA ini termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. 
Tissue- tissue dari merk ternama di pasaran biasanya akan mencantumkan keterangan yang berkaitan dengan hal seperti ini.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk mengecek apakah sebuah tissue itu mengandung zat pemutih atau tidak.
Kita bisa merendam tissue dalam segelas air selama 1 jam, bila air berwarna sangat keruh dan putih bisa di pastikan tissue itu mengandung zat pemutih. 
Namun, cara seperti itu juga belum seratus persen teruji kebenaran nya.

Untuk lebih amannya sih, lebih baik baca saja kemasan tissue saat kita membelinya. Kalo aku sih, lebih memilih membeli tissue yang cukup punya nama di pasaran, karena di kemasan tissue itu memang keterangan nya lengkap, jadi rasanya lebih tenang aja saat memakai produk itu. Yang tak kalah penting sih pastikan kita membeli tissue yang cocok dengan fungsi dan kegunaanya ya.

      edit